“ Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan. ”

“ Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh. ”

Rabu, 07 Mei 2014

Mengatasi Kesulitan Financial

MENGATASI KESULITAN FINANCIAL

Ukhti dan akhii,, sebagai manusia yang hidup di jaman yang serba modern ini pasti kita mengalami adanya kesulitan dalam kondisi untuk mempertahankan kehidupan. dikarenakan modernisasi, dan terpuruknya perekonomian bangsa yang berimbas kepada masyarakat luas, termasuk saya. Saya berprofesi sebagai seorang mahasiswa sekaligus pegawai rumah sakit swasta, yang tiap pertengahan semester dan akhir semester selalu saja di pusingkan masalah financial. untuk membayar biaya kuliah saya, sekaligus membiayai keperluan sehari - hari saya.
sebagai seorang mahasiswa, dari keluarga yang kurang mampu, saya pun berusaha mengubah kehidupan saya untuk menjadi orang yang berhasil. Amiiin... :)
mungkin sekarang belum terlihat hasilnya, tapi saya percaya entah itu kapan waktunya saya pasti berhasil.
Berikut adalah kiat - kiat dari saya sebagai mahasiswa untuk mengatasi kesulitan dalam financial :

  1. Taat dalam beribadah sekaligus senantiasa selalu berdoa kepada Allah SWT. Jangan berhenti berharap dengan segala takdir Allah SWT, Dia telah meyiapkan suatu yang indah yang sama sekali tak pernah kita ketahui. Ia Maha Tau atas segalanya.
  2. Carilah peluang freelance atau pekerjaan sampingan, atau bahkan pekerjaan tetap. hal ini bisa sedikit memperbaiki financial akhi ataupun ukhti sekalian. seperti saya,, saya kuliah sambil bekerja, ini sedikit membantu saya dalam meringankan saya untuk membiayai kuliah saya. bisa dibilang Saya bisa kuliah karena bekerja atau saya bekerja karena saya kuliah. :)
  3. Cari program beasiswa, baik itu dalam univesitas itu sendiri ataupun diluar universitas. coba - coba saja, kalau ada usaha dan tawakal, Insyaallah Allah akan mempermudah jalan akhi ataupun ukhti sekalian. 
  4. Ingat fakir miskin dan anak yatim piatu jika kita memperoleh rizki, karena sebagian dari rizki kita itu ada bagian untuk mereka. bukan berarti kita memberikan sebagian rizki kita kepada orang yang kurang mampu berarti harta kita berkurang. dan Allah SWT menjamin harta kita tidak akan berkurang karena dikeluarkan zakatnya, justru akan bertambah keberkahannya. Allah berfirman : "Dan pada harta - harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian" ( QS. Adz-Dzariyat : 19 ). 
  5. dan Yang utama adalah doa restu dari orang tua. :)
semuga bermanfaat ya ukhti akhii... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar