“ Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan. ”

“ Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh. ”

Jumat, 09 Mei 2014

Faedah Bersilaturahim

Faedah Bersilaturahim



      Akhi dan Ukhti sekalian,, siapa sih yang tidak mau mendapatkan faedah dari bersilaturahim?? mungkin bagi akhi dan ukhti sekalian ada yang belum mengetahui faedah yang cukup bermanfaan sekali untuk kita semua dari bersilaturahim itu.

Yang pertama mari kita bedakan terlebih dahulu antara silaturahim dengan silaturahmi,, Apa perbedaannya?

    Menurut para ulama, silaturahmi berasal dari dua suku kata, yaitu silah dan rahmi. Silah artinya menyambungkan, sedangkan rahmi artinya rasa nyeri luar biasa yg dirasakan ibu-ibu sebelum melahirkan anaknya. jadi tidak heran kalau banyak orang saling menyakiti karena selama ini pun salah menggunakan istilah silaturahmi.
   Menurut para ulama lagi, yang benar adalah silaturahim. Silah yang berarti menyambungkan dan rahim artinya kekerabatan. Jadi silaturahim “menyambungkan kekerabatan ukhuwah diantara kita semua.”
Istilah silaturahim di tengah-tengah masyarakat kita sering diartikan sebagai kegiatan kunjung-mengunjungi, saling bertegur sapa, saling menolong, dan saling berbuat kebaikan. Namun, sesungguhnya bukan itu makna silaturahim sesungguhnya, dari makna arti kata diatas sungguh jelas bahwa silaturahmi adalah menyambungkan kekerabatan ukhuwah diantara kita semua antar umat beragama. disini Silaturahim juga bermakna menghubungkan mereka yang sebelumnya terputus hubungan atau interaksi, dan memberi kepada orang yang tidak memberi kepada kita. Contohnya adalah ketika ada salah satu pihak yang lebih dulu menyapa saudaranya, sementara sebelumnya interaksi di antara keduanya sedang tidak harmonis, maka dialah yang mendapat pahala lebih besar. Dan juga silaturahim ditandai dengan hubungan dengan hati, yakni keluasan hati. Sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah Saw, bahwa beliau bersabda, “Yang disebut bersilaturahim itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilaturahim itu ialah menyambungkan apa yang telah putus” (HR Bukhari).
       Silaturahim pun memiliki fadhilah yang mustajab untuk mendatangkan kebaikan; bahkan keburukan, bila memutuskannya. Sebagaimana disabdakan oleh Rasul SAW: “Tahukah kalian tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun keburukan? ‘Sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan,’ sabda Rasulullah SAW, ‘adalah balasan (pahala) orang yang berbuat kebaikan dan menghubungkan tali silaturahim, sedangkan yang paling cepat mendatangkan keburukan ialah balasan (siksaaan) bagi orang yang berbuat jahat dan yang memutuskan tali persaudaraan” (HR Ibnu Majah).
Rasulullah SAW bersabda bahwa : " Tidak akan masuk surga bagi pemutus tali silaturahim".
     Dalam Alquran, Allah menegaskan, “Dan bertakwalah kepada Allah yang kalian saling meminta dengan nama-Nya dan sambunglah tali silaturahim.’ (QS. An-Nisa [4]:1).
Saya tidak bermaksud sok tahu dalam hal ini. tapi cuma berbagi ilmu yang telah saya dapat. mengenai nengenal arti dari perbedaan kata silaturahim dengan kata silaturhmi. dan kita semua mendapatkan faedah dari silaturahim itu sendiri.
semoga bermanfaat ya akhii dan ukhti... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar